Kesehatan dengan tinja orang lain

Kesehatan dengan menggunakan tinja orang lain

Kalo kita dengar istilah tinja maka kita akan merasa jijik, apa lagi kalo tinja itu milik orang lain, bakal gak kebayang jijiknya.

Dalam hal ini Kesehatan dengan tinja orang lain di maksud adalah transpalasi tinja dari orang lain. Ini mungkin akan terdengar sanagat aneh, masak transpalasi kok tinja. Dalam kesehatan transpalasi tinja juga sering di sebut sebagai FMT (faecal microbiota transplantation). Prosedurnya adalah dokter menginjeksikan/menyuntik tinja dari orang yang sehat ke bagian usus penderita sakit menggunakan alat seperti tabung. Cara pengobatan ini sanagat efektif untuk penyembuhan penderita penyakit CDI (infeksi Clostridium difficile), penyakit infeksi penyebab diare parah maupun penyakit lain yang di sebabkan oleh bakteri yang menimbulkan diare. Tata cara FMT ini juga biasa di sebut denagn sebutan prosedur fecal transplants, bacteriotherapy, fecal transfusion, maupun di sebut prosedur human probiotic infusion (HPI),  artinya prosedur dengan memindahkan bekteri "sehat" dengan probiotik ke dalam tubuh manusia melalui usus.

Pada prinsipnya tata cara FMT adalah usaha merestorasi kelompok flora dengan mengenalkan flora bakteri yang sehat dengan cara proses infuse maupun injeksi tinja dari pendonor tinja orang yang sehat. Tata cara ini juga bias menyembuhkan penyakit lain, seperti penyakit irritable bowel syndrome, penyakit colitis, penyakit konstipasi, dan sebagian penyakit saraf.

Semoaga artikel “Kesehatan dengan tinja orang lain” bias memberikan wacana dan pengetahuan.

Subscribe to receive free email updates: